Gara-Gara Pandemi Covid-19, Biaya Umroh Naik 50 Persen  | Sampang TIMES

Gara-Gara Pandemi Covid-19, Biaya Umroh Naik 50 Persen 

Oct 12, 2021 19:20
Tampak salah seorang saat hendak mau masuk ke Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 
Tampak salah seorang saat hendak mau masuk ke Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap keberlangsungan hidup manusia, baik secara ekonomi, sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, pandemi juga berdampak terhadap pembiayaan ibadah umroh ke Saudi Arabia. 

Seperti yang dijelaskan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan Wafir yang menyampaikan, pembiayaan ibadah umroh 2021 mengalami kenaikan. 

Baca Juga : Pembebasan Retribusi Pasar Diapresiasi, Ini Kata Komisi B DPRD Kota Malang

biaya-umroh-0357bbfeda12a48736.png

Sebab, pada masa pandemi ini, para jamaah harus membayar biaya protokol kesehatan (prokes). "Sebelumnya, biaya ibadah umroh itu kisaran Rp 25 juta, setelah adanya wabah pandemi Covid-19, biaya umroh mengalami kenaikan kisaran 50 persen, yakni menjadi Rp 50 juta," jelas Wafir saat ditemui, Selasa (12/10/2021). 

Selain itu, kata Wafir, naiknya biaya umroh tahun ini karena jamaah umroh dari Indonesia tidak diperbolehkan langsung terbang ke Saudi Arabia. Sehingga jamaah umroh  dikenai pembiayaan asuransi dan biaya transit di negara ketiga. 

"Selama transit di negara ketiga, jemaah umroh wajib melakukan karantina selama 14 hari. Selama itu (biayanya) semuanya dibebankan kepada jemaah," tuturnya. 

Tidak hanya itu, dalam proses penerbangannya saja saat ini harus 50 persen mematuhi prokes. Semula pesawat berisi penumpang 450 orang, setelah pandemi ini hanya bisa diisi sebanyak 225 orang penumpang. 

"Lain lagi di hotelnya. Biasanya satu kamar bisa sumbangan 4 orang, sekarang hanya bisa untuk 2 orang. Tapi bergantung fasilitasnya, makanya ini yang bikin mahal," tandasnya. 

Baca Juga : Gandeng IKIP Budi Utomo dan PWI Malang Raya, Polresta Malang Kota Distribusikan 1.000 Dosis Vaksin Sinovac

 

Sebelum pandemi melanda, biaya umroh Rp 25 juta dalam satu paket. Pasalnya, jemaah umroh tidak dilakukan transit selama berhari-hari. Berhubung saat ini masih kondisi pandemi, jemaah umroh hanya diperkenankan satu kali umroh saja, tidak seperti tahun tahun sebelumnya. 

"Sebelumnya jemaah umroh itu bebas. Sehari mau 5 kali tidak menjadi masalah," ucap Wafir. 

Sekedar diketahui, saat ini tidak ada jemaah umroh yang berangkat karena selain biayanya terlalu mahal juga banyaknya aturan yang harus terpenuhi. Salah satunya jamaah harus vaksin Jhonson. selain itu jika ada yang terpapar maka harus ditinggal dan menjalankan isolasi mandiri di sana.

Topik
biaya umroh 2021 syarat umroh kemenag kabupaten bangkalan

Berita Lainnya