Vaksinasi Massal Terus Digalakkan, Kali ini Pemkab Gandeng Korps HMI Wati Cabang Bangkalan  | Sampang TIMES

Vaksinasi Massal Terus Digalakkan, Kali ini Pemkab Gandeng Korps HMI Wati Cabang Bangkalan 

Sep 14, 2021 17:01
Bupati Bangkalan, saat tinjau vaksimasi massal di gedung serbaguna Mrdeka Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 
Bupati Bangkalan, saat tinjau vaksimasi massal di gedung serbaguna Mrdeka Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Vaksinasi massal di Kabupaten Bangkalan terus di galakkan. Kali ini vaksin dosis pertama dan kedua itu dilakukan oleh Korps HMI Wati (Kohati) Cabang Bangkalan, dengan menyasar masyarakat umum. 

Turur hadir dalam vaksinasi itu, Bupati dan Ketua DPRD serta jajaran Forkopimda Bangkalan. Mereka meninjau jalannya vaksinasi yang digelar oleh HMI wati yang di gelar di Gedung Merdeka Bangkalan. 

Baca Juga : Terpuruk di Masa Pandemi, Peternak Ayam Blitar Minta Keringanan Cicilan Bank

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif) mengatakan, dalam kesempatan ini, ia bersama ketua DPRD selain meninjau jalannya vaksinasi, juga mengajak masyarakat Bangkalan agar terus memanfaatkan vaksinasi massal ini dengan baik. Terlebih vaksinasi dilakukan secara gratis.

"Kami mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk melakukan vaksinasi, karena kalau capaian vaksin ini sudah mencapai 70 persen, Insya Allah kelonggaran-kelonggaran kegiatan akan diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota," ujar Bupati Ra Latif, Selasa (14/9/2021). 

Oleh karena itu, Ra Latif berharap agar masyarakat bisa mengajak saudara dan tetangga untuk ikut vaksinasi yang terus diselenggarakan oleh Pemerintah. Baik itu di setiap tingkatan Puskesmas atau vaksinasi yang diadakan oleh organisasi kemasyarakatan lainnya. 

Selain itu, Bupati juga menyebutkan, bahwa saat ini Kabupaten Bangkalan sudah memasuki level 2, dan untuk memasuki indikator level 1, salah satu syaratnya adalah capaian vaksinasi. "Kebetulan Bangkalan saat ini, kalau se Jawa Timur berada di antara 5 besar dari bawah," kata dia. 

"Tapi, kalau se Madura, Bangkalan berada di paling tinggi, sedangkan untuk persentase secara pastinya sejauh ini masih belum tahu, sedangkan kalau vaksin pertamanya, capaian kita sekitar 16 persen keatas, sedangkan yang kedua ini masih dibawahnya itu," ungkap Bupati. 

Saat ditanya adanya kemungkinan bahwa vaksinasi ini hanya banyak diminati oleh masyarakat kota dan kecamatan saja, sedangkan di pedesaan masih sangat minim untuk mau di vaksin, Ra Latif mengaku, ke depan pihaknya akan terus melakukan formulasi atau pendekatan ke tingkat desa, dan akan terus mengkampanyekan, bahwa vaksin ini demi kesehatan diri kita dan keluarga. 

"Itu nanti yang akan kami sampaikan ke masyarakat, khususnya di pedesaan, kami juga akan menyasar ke desa-desa terkait vaksinasi ini," tuturnya. 

Baca Juga : Target Vaksinasi 70 Persen, Pemkab Lamongan Siapkan Relawan Input Data di Setiap Desa

Sementara itu, Ketua Umum KOHATI Cabang Bangkalan, Siti Ainatulhusna mengatakan, dalam kegiatan ini Vaksin yang disediakan 500 dosis vaksin, yakni vaksin sinovac dan moderna. "Yang sudah terlaksana tadi sekitar 350 peserta. Sekarang kegiatan masih berlanjut," cetusnya.

Sekedar diketahui, menurut data dari Dinas Kesehatan Bangkalan, cakupan Vaksinasi per tanggal 13 September 2021 di Kabupaten Bangkalan. Berikut datanya.

Dosis 1: 146.191 (17,72%)
Dosis 2:   64.971 (7,87%)
Dosis 3 :     1.947(56,78% ) 

Total divaksin : 213.109 dosis
Total penerimaan vaksin
Dinkes   : 416.015 dosis 
TNI       :    23.940 dosis
Polri     :   24.452  dosis               
Total    :  464.408 dosis 

Sisa vaksin :
1. Dinkes : 242.526 dosis
2. TNI :          5.226 dosis
3. Polri :        1.546 dosis
Total. 249.298 dosis.

Topik
Vaksinasi kabupaten Bangkalan Bupati Bangkalan

Berita Lainnya