Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Dibalik Kemenangan Banding Partai Berkarya, Saham IPO Tommy Soeharto Justru Nyungsep hingga Batas ARB

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

08 - Sep - 2021, 12:15

Placeholder
Tommy Soeharto (Foto: Tempo)

JATIMTIMES - Tommy Soeharto, putra dari Presiden RI ke-2 Soeharto belakangan ini ramai diperbincangkan publik. Hal itu karena Tommy kembali memenangkan gugatan kepengurusan Partai Berkarya atas keputusan Menkumham Yasonna H. Laoly di tingkat banding Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) pada Rabu (1/9/2021). 

Namun, di balik kemenangannya itu, saham perusahaan distribusi gas alam cari (liquefied natural gas/LNG) milik Tommy yakni PT GTS Internasional Tbk (GTSI), yang melakukan debut hari ini, justru langsung anjlok hingga menyentuh batas auto rejection bawah (ARB). 

Baca Juga : Antara GS dan Panhis, Inilah Pilihan Golkar dalam Pilwabup Tulungagung Mendatang

Bahkan menjadi top losers pada awal perdagangan Rabu (8/9/2021). Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 09.35 WIB, saham GTSI ambles 7,00% ke Rp 93/saham dengan nilai transaksi Rp 3,31 miliar dan volume perdagangan 35,64 juta saham. 

Nilai kapitalisasi pasar GTSI mencapai Rp 1,47 triliun pada pagi ini. Saham milik Tommy ini mengalami nasib berbeda dibandingkan ke-4 emiten lainnya yang sama-sama mencatatkan saham untuk kali pertama di bursa pada hari ini.

Keempat emiten yang dimaksud yakni perusahaan yang bergerak di bisnis teknologi informasi PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS), perusahaan semen Merah Putih PT Cemindo Gemilang Tbk. (CMNT).

Kemudian, pengelola rumah sakit yang dikendalikan oleh Hungkang Sutedja PT Kedoya Adyaraya Tbk. (RSGK) dan perusahaan industri kimia anorganik gas PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (SBMA).

Ke-4 saham itu sama-sama menduduki 5 besar top gainers pagi ini. Saham RUNS, misalnya, melesat 9,45%, kemudian saham CMNT melejit 22,06%. Lalu, saham RSGK melesat hingga menyentuh batas auto rejection atas (ARA) 25,00% dan saham SBMA melonjak 34,44%.

Tidak seperti saham yang baru IPO lainnya, yang seringkali mencatatkan antrean beli yang sangat 'panjang', saham GTSI justru tidak mencatatkan antrean beli pagi ini. Sebaliknya, antrean jual sangat 'mengular' dengan antrean jual tertinggi ada di harga Rp 93/saham dengan jumlah 5,54 juta lot.

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Jelaskan Penjualan Saham Tambang Emas

Untuk diketahui GTSI, yang berada di bawah payung Grup Humpus-dengan induk usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) melepas sebanyak 2,4 Miliar saham baru atau setara dengan 17,6% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor. Berdasarkan hasil bookbuilding, perusahaan tersebut menetapkan harga penawaran umum Rp 100 per saham, sehingga perusahaan bakal meraih dana IPO sebesar Rp 240 Miliar.

Sebelumnya, dikatakan oleh Direktur GTS Internasional Dandun Widodo, dana hasil IPO akan digunakan untuk memenuhi pendanaan pembangunan kapal dan injeksi modal dari partner bisnis perusahaan dalam bentuk investasi jangka panjang.

"Pembangunan kapal untuk permanent FSRU di Amurang itu diperkirakan sekitar US$ 55 juta. Salah satu proceed yang kita dapatkan adalah untuk membantu pembangunan itu dari sisi equity," kata Dandun dalam konferensi pers penawaran umum saham, Kamis (19/8/2021) lalu. 

Kemudian 20% atau US$ 6 juta untuk modal kerja perseroan seperti operasional perusahaan yang meliputi cadangan docking, membangun war room sistem akuntansi dan keuangan, shipping monitoring online system. Sedangkan 16% atau US$ 4,8 juta untuk penyertaan modal kepada Anoa sehingga diharapkan bisa memperkuat struktur permodalan dan modal kerja anak usaha.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni