Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Rumah Digital Indonesia, Wadah Virtual untuk Perayaan HUT Ke-76 RI

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

31 - Jul - 2021, 08:36

Placeholder
Rumah Digital Indonesia (Foto:Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

INDONESIATIMES - Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun ini akan berbeda dari sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Seperti diketahui, HUT RI ke-76 akan jatuh pada hari Selasa (17/8/2021).

Untuk tetap bisa memeriahkan HUT RI ke-76, tahun ini dihadirkan lah Rumah Digital Indonesia (RDI). Rumah Digital Indonesia ini merupakan wadah virtual untuk tetap merayakan bulan kemerdekaan di masa pandemi.

Baca Juga : Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Vaksin Nasional untuk Kebutuhan Dalam Negeri

 

Sebagai festival perayaan kemerdekaan virtual pertama di Indonesia, Rumah Digital Indonesia akan menghadirkan 2 acara utama, yaitu Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan.

Dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan Rumah Digital Indonesia ini. 

"Rumah Digital Indonesia ini sebuah gagasan cerdas dan luar biasa karena menjadi bagian penting dalam bulan kemerdekaan. Ini sebagai wujud dari ketangguhan kita sebagai bangsa dan negara serta wujud kecepatan kita beradaptasi dari keterbatasan akibat pandemi Covid-19," ujar Johnny yang juga Dewan Pengarah RDI, dalam webinar Launching Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, Jumat (30/7/2021). 

Ia menambahkan bahwa Rumah Digital Indonesia ini akan menjadi ruang kegembiraan bagi masyarakat untuk menyambut kemerdekaan.

"Keterbatasan yang diakibatkan pandemi ini tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam menghayati nilai-nilai nasionalisme, patriotisme. Dan secara khusus kegiatan ini menyediakan ruang untuk menciptakan kegembiraan bagi masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan ke-76," ujarnya. 

Sementara, Staf Khusus Presiden RI sekaligus Pengembang Konten RDI Putri Tanjung menyampaikan banyak sekali hal menarik dari Rumah Digital yang diselenggarakan Ini.

"Kita tahu walau tahun ini berbeda karena pandemi, tapi spirit kemerdekaan itu harus tetap ada. Dengan bantuan teknologi kita mewadahi semarak kemerdekaan dengan cara dan pengalaman berbeda," ujar Putri.

Baca Juga : Berkapasitas 68 Bed, Rumah Sakit Lapangan di Kota Blitar Dalam Masa Persiapan

 

Putri juga menjelaskan bahwa di Rumah Digital Indonesia memberikan banyak ruang eksplorasi yang dapat dilakukan masyarakat untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia tahun ini.

"Ada ruang seni budaya, pasar lokal, petualangan nusantara, aktifitas kemerdekaan, literasi digital, dinding puisi hingga panggung nasional," imbuhnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat membeli produk UMKM yang terhubung ke sejumlah marketplace. Putri menyampaikan bahwa Rumah Digital Indonesia ini dapat diakses mulai besok Minggu (1/8/2021).

"Rumah Digital Indonesia ini bisa diakses 1 Agustus 2021 dan hadir selama bulan kemerdekaan," ujarnya. 


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni