Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Siap-siap! Ini Jadwal Terbaru Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

10 - May - 2021, 11:06

Placeholder
Seleksi CPNS dan PPPK (Foto: sscndata.bkn.go.id)

INDONESIATIMES - Setidaknya terdapat 458 pemerintah daerah yang ditetapkan akan menerima formasi aparatur sipil negara (ASN) baik CPNS maupun PPPK. Ratusan daerah tersebut kini sedang bersiap untuk membuka pendaftaran dalam waktu dekat. 

Disampaikan oleh Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Katmoko Ari, pada data per 5 Mei 2021 disebut jika ada 66 instansi yang masih dalam proses pengolahan usulan formasinya. 

Baca Juga : Marvel Studio Ungkap Jadwal Tayang Black Panther: Wakanda Forever Juli 2021

Di antaranya juga ada usulan kebutuhan formasi yang bermasalah, sehingga harus dibahas intensif. Sementara, sebanyak 13 instansi lain kini sudah dalam proses penetapan formasi oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. 

"Hingga 5 Mei sebanyak 458 Pemda sudah selesai ditetapkan," ujar Katmoko Ari. 

Lanjut Katmoko, data tersebut, akan terus berkembang. KemenPAN-RB saat ini juga terus intens berkoordinasi dengan daerah untuk membahas masalah tersebut. Dia mengatakan, pengumuman seleksi CPNS dan PPPK 2021 rencananya akan dilaksanakan pada 30 Mei hingga 13 Juni 2021. 

Lalu, untuk pendaftaran akan dilaksanakan pada 31 Mei sampai 21 Juni 2021. Setelah pendaftaran selesai, dilanjutkan seleksi administrasi dan pengumuman pada 1 Juni sampai 30 Juni.

Namun, apabila dalam pengumuman seleksi administrasi, pelamar CPNS dan PPPK ada yang merasa tidak puas maka Panselnas memberikan waktu untuk menyanggah.

"Masa sanggah mulai 1 Juli sampai 11 Juli 2021," ucapnya. 

Mekanisme ini dimulai dari pelaksanaan seleksi kompetensi kemudian seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dengan menggunakan computers assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) dijadwalkan Juli hingga September 2021.

Baca Juga : Drama Korea The Penthouse Season 3 Resmi Tayang pada 4 Juni 2021

Kemudian, untuk pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK nonguru menggunakan CAT BKN dijadwalkan Juli sampai September 2021. Sehingga pelaksaannya setelah SKD CPNS selesai di masing-masing lokasi. 

Selanjutnya, untuk seleksi kompetensi PPPK guru (CBT Kemendikbudristek) akan dilaksanakan  dalam 3 tahap. Tes pertama pada Agustus, kedua Oktober, dan ketiga Desember 2021. 

Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS lanjutnya, akan dijadwalkan September sampai Oktober 2021. Pengumuman akhir dan masa sanggah November 2021.

Katmoko lantas melanjutkan, jika semua proses berjalan sesuai jadwal, diharapkan pada Desember 2021, NIP CPNS dan NI PPPK sudah ditetapkan. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni