Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Bak Piramida Mesir, Bangunan Masjid ini Bikin Lebih Nyaman Beribadah

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Pipit Anggraeni

02 - May - 2021, 10:40

Placeholder
Masjid Shaikh Nasser al-Sabah di Kuwait. (iStockphoto/Leonid Andronov).

INDONESIATIMES - Siapa yang tak kenal dengan salah satu keajaiban dunia piramida Mesir? Ya, bangunan yang mulai berdiri pertama lebih dari 4.500 tahun ini menjadi salah satu ciri khas di wilayah Mesir dan menjadi destinasi favorit wisatawan dunia.

Tapi, apa jadinya, jika kemegahan piramida ini berupa sebuah bangunan masjid?

Baca Juga : Kompak, Wali Kota dan Mantan Wali Kota Surabaya Resmikan Jembatan Sawunggaling

Hal inilah yang tampak di salah satu wilayah di Kuwait. Ada masjid megah dengan kubah berbentuk segitiga persis dengan bangunan piramida di Mesir. Kemegahan masjid ini seakan membuat siapa saja yang akan beribadah bakal terasa lebih nyaman dan khusyuk.

Dilansir dari berbagai sumber, masjid ini rupanya telah berdiri sejak tahun 1981 silam.  Masjid Mohammed Nasser el Sabah (Masjid Sheikh Nasser) ini tepatnya berada di Ras Salmiya, Kota Kuwait.

Arsitekturnya yang unik dan mirip dengan Piramida ini menjadikan masyarakat menyebutnya sebagai Masjid Piramida. Jika melihat penampakannya, dari luar kalian akan disuguhi deretan bentuk piramida segitiga berjejer.

Berdiri di atas lahan seluar 2.150 meter persegi, pembuatan masjid tersebut mendatangkan arsitek khusus dari Belgia yakni studio Bereau D'architecture yang dipimpin oleh Henri Montoris.

Masjid dengan menara di sampingnya setinggi 50 meter itu menghabiskan biaya pembangunannya saat itu sekitar USD 3 juta.

Melihat ke tatanan ruang, masjid ini memiliki ruang utama dengan dua lantai yang berukuran 30 × 26 meter. Lantai pertama untuk dipergunakan bagi jamaah pria, sementara lantai dua khusus jamaah wanita.

Baca Juga : Selama April 2021, Jatim Alami 69 Kali Gempa Bumi

Di dalam masjid piramida ini tak hanya diisi perlengkapan beribadah, tetapi juga terdapat perpustakaan dan pusat riset islam.

Saat malam hari, masjid ini akan terlihat lebih indah dengan tatanan lampu LED si sekelilingnya yang menyala. Undakannya pun megah menjulang ke atas.

Sayangnya, untuk mengunjungi masjid piramida ini khususnya bagi non muslim tak bisa di semua tempat. Khususnya, di ruang bangunan utama ibadah, wisatan non muslim dilarang masuk.

Namun, jika sekedar menikmati keindahan dan kemegahan arsitektur masjid piramida ini wisatawan umum masih bisa melakukannya. Yakni, tentu saja dengan syarat berpakaian sopan.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Pipit Anggraeni