Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Tak Pernah Salat, Tapi Orang ini Masuk Surga, Begini Kisahnya

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Pipit Anggraeni

10 - Apr - 2021, 10:22

Placeholder
Ilustrasi (bombastis)

MALANGTIMES - Perkara salat, bukanlah perkara biasa. Salatnya seseorang bisa dijadikan patokan seseorang itu berhubungan dengan Tuhannya. Salat juga digunakan sebagai kriteria pasangan hidup. Ada banyak dalil yang membahas terkait shalat. Bahkan shalat juga digunakan sebagai ukuran kualitas hidup manusia. Jika salatnya bagus, maka baguslah semuanya. Tapi semua itu tidak berlaku bagi seseorang yang masuk surga, namun tak pernah menunaikan ibadah itu.

Lalu Siapakah dia?, Dan apa yang dilakukan semasa hidupnya? Apa amalannya sehingga bisa memasukkannya surga? Simak penjelasan yang dirangkum dari Channel Islam Populer dan beberapa sumber lain agar hingga akhir agar tak sesat.

Baca Juga : Khusyu dalam Beribadah, Ini Sahabat Rasulullah SAW yang Meninggal Dunia Usai Salat

Orang yang melaksanakan salat wajib, salat sunnah belum tentu mereka akan masuk surga. Sebab, amal ibadah bukanlah penentu masuk ke surga. Hal itu sesuai hadits yang disampaikan Rasulullah SAW hingga membuat para sahabat terheran.

"Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya. Sahabat bertanya, “Sekali pun engkau wahai Rasulullah?” Beliau menjawab “Saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah kepadaku. Oleh karena itu, berlaku luruslah dan bertaqarublah dan jangan salah seorang dari kalian mengharapkan kematian. Jika dia orang baik, semoga bisa saja menambah amal kebaikannya. Dan juga dia orang yang buruk akhlaknya semoga bisa menjadikan dia bertobat," (HR Bukhari).

Meskipun seseorang terlihat rajin beribadah, namun Allah bisa saja memasukkannya ke neraka. Hal ini pernah terjadi di zaman Rasulullah. Dalam Kitab Al-Adab Al Mufrad, terdapat kisah yang diriwayatkan oleh imam Bukhari. Dikisahkan terdapat sahabat yang memberitahukan kepada Rasulullah tentang seorang wanita yang ahli ibadah tapi suka menyakiti tetangganya dengan lisannya.

Mendengar hal ini, Rasulullah bersabda, "tiada kebaikan padanya, dan dia termasuk penghuni neraka,".

Masuknya seseorang ke dalam surga, tidak bisa ditentukan dari ibadahnya. Bisa saja ada yang tak pernah melakukan ibadah, seperti salat tapi bisa masuk surga. Lalu siapakah orang itu?.

Ya, hal ini pernah didalami oleh seseorang dalam pada zaman Rasulullah. Orang tersebut merupakan Amr bin Tsabit.

Amr bin Tsabit, merupakan seorang laki-laki dari bani ‘Abdil Asyhal. Ia juga sering dipanggil dengan nama ‘Amr bin Uqaisy atau Ushairim. ‘Amr bin Tsabit pernah diajak memeluk Islam. Namun ia menolak karena kaumnya.

Kisah ini dikisahkan oleh Abu Hurairah RA dalam Kita Sirah an Nabawiyah. Diceritakannya, suatu ketika datanglah waktu perang Uhud. ‘Amr bin Tsabit bertanya, di mana anak-anak pamanku? Orang-orang pun menjawab “Di Uhud”.

Baca Juga : Subhanallah, Seorang Imam Musala Meninggal Dunia Usai Pimpin Salat Berjamaah

Mendengar jawaban tersebut, Amr bergegas menggunakan baju besi perangnya, memacu kudanya lalu menyusul orang-orang menuju bukit Uhud. Saat orang-orang muslim melihatnya, mereka pun berkata “Menjauhlah engkau dari kami wahai ‘Amr!”. Namun Amr enggan pergi dan kemudian berkata,

“Aku telah beriman”, jawab ‘Amr. Maka umat muslim pun memperbolehkannya untuk bergabung dengan pasukan. Kemudian Amr berjuang bersama di jalan Allah SWT bhakn hingga mengalami luka berat.

Saat perang usai, orang-orang Bani ‘Abdul Asyhal e korban-korban peperangan dari kaum mereka. Tak disangka ternyata mereka menemukan Amr yang terluka. Mereka pun langsung membawa Amr ke keluarganya dengan keadaan terluka.

Sa’ad bin Mu’adz mendatangi saudarinya itu dan berkata “Tanyakanlah kepada ‘Amr apa yang menyebabkannya datang ke medan perang? Apakah ia berperang demi kaumnya atau karena Allah dan Rasul-Nya?”

Amr yang dengan kondisi luka pun menjawab “Aku datang ke medan perang karena ingin masuk Islam, aku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Aku masuk Islam lalu mengambil pedangku. Aku maju bersama Rasulullah SAW dan aku berperang hingga aku terkena serangan”.

Tak berselang lama, setelah berkata hal tersebut, Amr pun menghembuskan nafas terakhirnya. Kejadian ini kemudian di ceritakan kepada Rasulullah SAW. Beliau kemudian berkata"Sesungguhnya ia termasuk penghuni surga”. Amr pun dicatat sebagai penghuni surga, padahal ia belum pernah melakukan salat sama sekali,".


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Pipit Anggraeni