Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Kulkas Bau Tak Sedap? Ini Cara Mudah Biar Lemari Es Bersih dan Kinclong

Penulis : Anang Basso - Editor : Nurlayla Ratri

28 - Nov - 2020, 10:37

Placeholder
Kulkas yang lama tak dibersihkan dan berisi barang sering mengakibatkan bau tak sedap. (Foto: Anang Basso / Tulungagung TIMES)

Bagi pemilik kulkas atau lemari es, tentu sangat terganggu jika bau kulkas tak sedap. Bahkan, bisa-bisa makanan yang disimpan pun terkontaminasi. 

Penyebab kulkas bau, salah satunya adalah dalam jangka lama tak dibersihkan. Mengisi terlalu penuh dengan makanan dan minuman juga bisa menjadi pemicu kulkas kotor.

Baca Juga : Kreasi Pemkab Banyuwangi Dorong Masyarakat Gemar Makan Ikan

Biasanya, hal itu terjadi karena sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu. Juga bungkus makanan terkadang masih tersimpan di kulkas dan menyebabkan sampah menumpuk.

Imam Sayaifudin, teknisi elektronik di Tulungagung membuka tips bermanfaat buat pemilik kulkas. Menurutnya, kulkas wajib dibersihkan secara reguler dalam rentang waktu 2-4 bulan sekali.

"Pembersihan ini juga tidak bisa serta merta dilakukan tanpa aturan. Apalagi di dalam kulkas ini ada strom yang berbahaya dan fatal jika ada kelalaian," ujar pria yang dipanggil Iput ini, Sabtu (28/11/2020).

Berikut tips yang disampaikan agar pembersihan kulkas aman dan bebas bau.

1. Mengosongkan Isi

Kosongkan semua isi kulkas atau bisa juga dimulai dari beberapa bagian kulkas. Lalu, keluarkan dan buang barang-barang yang tidak perlu disimpan lagi.

2. Bersihkan Isi

Kulkas mungkin berisi makanan yang tidak bersih. Dengan lap basah, bersihkan bagian bawah barang-barang tersebut, termasuk tetesan air di bagian samping kulkas.

3. Membersihkan Bagian Dalam Kulkas

Lepas bagian-bagian rak dalam kulkas. Semprotkan pembersih ke laci dan rak dalam kulkas dan lap dengan kain yang bersih. Cuci dengan air sabun hangat dan sisihkan hingga kering.

4. Masukkan Kembali Barang-Barang ke Dalam Kulkas

Baca Juga : Daun Sembukan di Tulungagung Dikenal dengan Nama "Gembrot", Kok Bisa..?

Setelah rak dan laci terpasang kembali, masukkan semua barang yang baru dibersihkan ke dalam lemari es di bagian masing-masing. Berikan label pada rak untuk memudahkan penyimpanan seperti bagian sayur, bagian buah, makanan kaleng, minuman karton, snack, dan lainnya.

Sedangkan untuk membersihkan freezer diperlukan beberapa cara.

"Karena ada air beku atau bunga es di dalamnya, lebih baik tidak menggunakan pisau untuk membersihkan bunga es di dalam ini," ujar Iput.

Lalu bagaimana cara yang tepat? Iput meminta agar pemilik kulkas hanya dengan menaikkan suhunya agar bunga es mencair begitu saja.

"Tidak sampai satu jam selesai," ungkapnya.

Biasanya jika ada kerak dan kotoran bandel, bisa dibersihkan dengan air panas, cuka putih suling, botol semprot, kain microfiber, dan sikat gigi tua atau alat lain yang sesuai.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Nurlayla Ratri