Tiwul legi, jajanan pasar yang banyak di suka warga di Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Tiwul legi, jajanan pasar yang banyak di suka warga di Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Melimpahnya singkong atau ketela pohon di Tulungagung membuat masyarakat memanfaatkannya menjadi berbagai olahan makanan. Singkong banyak dijual di pasar dengan harga murah meriah dan mudah dimasak menjadi beragam sajian kuliner lezat.

Tak sedikit pula, penganan di Jawa yang menggunakan singkong sebagai bahan baku utama. Di Tulungagung sendiri, singkong sering disebut telo.

Baca Juga : Sensasi Kopi Kayu Tulungagung: Rasa Nyampleng Harga Merakyat

Olahan dari singkong pun memiliki cita rasa autentik. Berikut 6 olahan singkong sebagai jajanan yang mudah kita temukan di pasar-pasar tradisional bahkan di pasar modern di Tulungagung.

1. Rondo Royal

Rondo royal adalah tape (fermentasi singkong dengan ragi) yang diselimuti tepung beras, kemudian digoreng. Jajanan tradisional yang sangat mudah ditemukan di warung gorengan.

Meski demikian, nama rondo royal ini masih menjadi pertanyaan. Sebab dalam bahasa Jawa, rondo berarti janda sedangkan royal artinya murah hati. 

2. Growol

Growol terbuat dari singkong yang diparut kasar, sehingga menghasilkan tekstur serabut atau sawut. Growol ini biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa yang akan menambah rasanya makin cethar.

3. Ongol-Ongol

Ongol-ongol Bentuknya yang warna-warni dan ditusuk menyerupai sate, membuat ongol-ongol berbeda dengan cenil. Ongol-ongol biasa disajikan dengan taburan kelapa, tanpa disiram gula Jawa cair. Sekali makan, ingin terus menikmatinya.

4. Kolak Telo

Kolak telo jadi salah satu jajanan tradisional yang cukup populer, apalagi saat bulan Ramadan. Biasanya kolak singkong dipadukan dengan buah nangka atau pisang serta paduan lain yang rasanya nyambung.

5. Cenil

Baca Juga : Dakgangjeong Khas Korea yang Menggiurkan, Ternyata Mudah Dipraktekkan lo

Nyaris sama dengan ongol-ongol tapi dibuat tipis dan jika dipegang licin. Jajanan ini biasanya disiram gula merah cair.

6. Kicak

Mirip cenil, bedanya untuk disajikan kicak harus dipotong-potong lalu ditaburi parutan kelapa dan diberi kinco (gula yang dicairkan).

Selain enam yang populer itu masih puluhan lain jajanan yang dibuat dari singkong. Di antaranya timus, tiwul legi, tape, oncom, gethuk dan mendhut telo.

Apa yang kamu suka makanan dari singkong ini?