Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Lumajang Akan Tutup Koperasi Abal-Abal

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Yunan Helmy

17 - Apr - 2020, 19:08

Placeholder
Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawat M.Si (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si menegaskan, koperasi yang benar modalnya dari anggota, dan seharusnya meminjamkan dananya kepada anggotanya. Jika keluar dari prinsip itu, apalagi dimodali perorangan, sudah bisa disebut koperasi abal-abal dan harus ditindak.

Dalam proses pemberian pinjaman kepada anggota koperasi, ketentuan bunga pinjaman, tenggang waktu pinjaman dan ketentuan lainnya harus ditentukan melalui rapat anggota. Sehingga semua anggota mengetahui ketentuan tersebut.

Jika modalnya bukan dari anggota, dan pemodal menentukan sendiri besaran bunganya, apalagi sampai menagihnya tiap hari, maka hal ini merupakan salah satu ciri bahwa lembaga itu tidak sesuai dengan prinsip usaha koperasi.

"Koperasi itu prinsipnya dari anggota untuk anggota. Seluruh ketentuan diputuskaan oleh anggota. Termasuk bunga pinjaman dan tenggang waktunya. Kalau keliling ke pasar-pasar menawarkan pinjaman, dan jelas-jelas hanya dimiliki oleh perorangan, maka ini jelas koperasi abal-abal. Ini yang akan kami tindak," kata Wabup Lumajang kepada media ini.

Oleh karena itu, Pemkab Lumajang akan segera meminta kepada Dinas Koperasai dan Usaha Mikro Lumajang untuk segera melakukan pengecekan lapangan terhadap sejumlah koperasi yang dinilai tidak sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi.

"Kalau diketahui memang ada yang seperti, pasti saya minta untuk ditutup saja. Karena sebenarnya itu adalah rentenir yang bernaung dibawah nama koperasi. Koperasi tidak begitu caranya. Ini sudah keterlaluan kalau dibiarkan, intinya saya minta untuk ditutup saja. Saya akan minta Dinas Koperasi, tidak main-main soal ini, harus kita bersihkan koperasi abal-abal itu," tegasnya kemudian.

Apalagi ditengah mewabahnya virus corona seperti sekarang ini, koperasi yang benar pasti memahami kondisi anggotanya. Tapi jika yang pinjam bukan anggota, dan pemiliknya perorangan, hampir bisa dipastikan tidak mau mengerti dengan keadaan sekarang ini.

"Ya karena mereka bukan koperasi yang benar, mana bisa mereka mengerti keadaan sekarang ini. Karena mereka memang bukan koperasi," urai Wabup Lumajang kemudian.


Topik

Pemerintahan lumajang berita-lumajang berita-hari-ini Pemkab-Lumajang Tutup-Koperasi-Abal-Abal Wakil-Bupati-Lumajang Ir.-Hj.-Indah-Amperawati-M.Si Dinas-Koperasai-dan-Usaha-Mikro-Lumajang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Sampang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Yunan Helmy